Gubernur Lepas Pekerja Migran Provinsi Lampung ke Malaysia

- Rabu, 31 Mei 2023 | 20:17 WIB
Gubernur Lampung Lepas Pekerja Migran Provinsi Lampung ke Malaysia (diskominfotik.lampungprov.go.id)
Gubernur Lampung Lepas Pekerja Migran Provinsi Lampung ke Malaysia (diskominfotik.lampungprov.go.id)

METROASPIRASIKU - Pada Rabu (31/05/2023), Asisten Pemerintahan dan Kesra, Qudrotul Ikhwan, mewakili Gubernur Lampung, melepas sebanyak 150 Pekerja Migran Indonesia ke Malaysia. Acara tersebut berlangsung di Balai Keratun Lt.III.

Angka pengangguran di Provinsi Lampung pada Februari 2023 tercatat sebesar 4,18 persen menurut data Badan Pusat Statistik (BPS).

Hal ini berarti sekitar 4 orang dari setiap 100 orang angkatan kerja mengalami pengangguran.

Baca Juga: Mendorong Talenta Muda Melalui BRImo Future Garuda: BRI Mendukung Pembelajaran dari 4 Legenda Sepak Bola Dunia

Meskipun begitu, tingkat pengangguran di Provinsi Lampung lebih rendah dari rata-rata nasional yang mencapai 5,45%.

Dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra, Gubernur Lampung mengungkapkan bahwa persoalan ketenagakerjaan masih menjadi isu sentral di provinsi tersebut dan membutuhkan langkah-langkah efektif dalam penanganannya.

Pemerintah Provinsi Lampung terus berupaya melindungi Pekerja Migran Indonesia dan keluarga mereka dalam segala aspek, baik selama maupun setelah bekerja di luar negeri, dalam hal hukum, ekonomi, dan sosial.

Baca Juga: Mengatasi Tantangan Inflasi dan Stunting: Kolaborasi Pemerintah Provinsi Lampung dan Bapanas dalam Penyaluran

Pemerintah daerah juga berusaha memberdayakan Pekerja Migran Indonesia Purna dengan memberikan bantuan peralatan sebagai stimulan agar mereka dapat memanfaatkan hasil usaha mereka di luar negeri untuk berinvestasi di daerah asal.

Dengan begitu diharapkan dapat menciptakan peluang kerja lebih luas bagi keluarga dan masyarakat sekitar.

Gubernur menjelaskan bahwa melindungi Pekerja Migran Indonesia adalah tanggung jawab bersama antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Desa, dan pemangku kepentingan lainnya yang terkait.

Baca Juga: Bupati Lampung Selatan Mengapresiasi Prestasi Atlet Peraih Medali Porprov Lampung 2022 dengan Bonus yang Layak

Mereka semua harus menjaga para pekerja migran yang telah memberikan kontribusi besar dalam pemasukan devisa negara.

Selain itu, Gubernur juga mengimbau agar para Pekerja Migran Indonesia selalu berkomunikasi dengan Konsulat Jenderal Republik Indonesia dan perusahaan penempatan di negara tempat mereka bekerja.

Halaman:

Editor: Kuncoro

Sumber: diskominfotik.lampungprov.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X