Apakah Perbedaan Yang Paling Mendasar Antara KKM Dengan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran?

- Kamis, 25 Mei 2023 | 12:00 WIB
Jenis Teks Berita Lengkap dengan Struktur dan Cara Membuatnya. ( Pixabay.com/Pixabay)
Jenis Teks Berita Lengkap dengan Struktur dan Cara Membuatnya. ( Pixabay.com/Pixabay)

METROASPIRASIKU - Yuk bersama bahas soal ini: Apakah perbedaan yang paling mendasar antara kkm dengan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran?

Perbedaan mendasar antara Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran terletak pada konsep dan tujuan penggunaannya.

Berikut adalah penjelasan mengenai perbedaan-perbedaan tersebut:

Baca Juga: Berikan 3 Contoh Nyata Pelibatan Peserta Didik Dalam Pembelajaran Aktif!

1. Definisi

- KKM: KKM merupakan standar atau batas minimal yang ditetapkan oleh pemerintah atau institusi pendidikan untuk menentukan apakah seorang siswa telah mencapai tingkat kompetensi atau ketuntasan yang memadai dalam suatu mata pelajaran.

KKM berfokus pada penguasaan minimum yang harus dicapai oleh siswa.

- Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran: Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran adalah standar yang digunakan oleh guru atau institusi pendidikan untuk mengevaluasi sejauh mana siswa telah mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan.

Kriteria ini berfokus pada tujuan pembelajaran yang lebih spesifik dan terkait dengan hasil yang diharapkan dari suatu pembelajaran.

Baca Juga: 5 Arti Penting Hardiknas 2023 Bagi Peserta Didik, Tak Hanya Ingin Meningkatkan Kualitas Pendidikan

2. Fokus

- KKM: Fokus KKM adalah menentukan apakah siswa telah mencapai tingkat kompetensi minimum yang ditetapkan.

KKM digunakan untuk menentukan kelulusan atau promosi siswa ke tingkat berikutnya.

- Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran: Fokus kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran adalah mengukur pencapaian siswa terhadap tujuan-tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.

Halaman:

Editor: Kuncoro

Sumber: Berbagai sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X